Sondir

 



Tarif Sewa


Rp 700.000,-/ Titik


Istilah sondir dikenal juga dengan Cone Penetrometer Test atau CPT yaitu sebuah uji dengan melakukan penetrasi konus ke dalam tanah. 

Tujuan utama tes ini untuk mengetahui daya dukung tanah pada kedalaman tertentu di setiap lapisan. Selain itu, uji sondir juga dilakukan untuk mengetahui kedalaman lapisan pendukung (lapisan tanah keras).

Pengujian ini memakai alat sondir berbentuk yang berujung kerucut yang lancip penetrometer, dengan sudut 600 dan dengan luasan ujung berukuran 10 cm2. 

Jadi, pondasi yang akan digunakan sebagai penyangga kolom bangunan yang berada di atas bisa mendapatkan faktor keamanan yang tinggi. Alhasil, uji sondir digunakan untuk memastikan bahwa bangunan tersebut tetap kokoh dan tidak mengalami penurunan yang dapat membahayakan keselamatan akan bangunan maupun penghuninya di masa yang akan datang.

Mengingat tujuannya yang penting ini, maka uji sondir tidak boleh dilewatkan sebelum mendirikan bangunan. Apalagi tak sedikit kasus terkait kegagalan struktur tanah yang menjadikan bangunan yang sudah berdiri menjadi roboh.